Apa itu Vector Art? | Pengertian dan Tutorial

Halo sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar desain grafis. Apa itu vector art ? Kalau kamu sering main sosial media, pasti sudah tidak asing lagi dengan desain digital ini.

Secara sederhana, vector art adalah teknik mengubah foto kedalam kartun. Untuk mengingatnya, kamu pasti pernah melihat foto selfie seseorang dalam bentuk kartun kan ? Nah, itulah dia karya vector.

Pengertian Apa itu vector art adalah

Apa itu vector Art ?

Untuk memahami apa itu vector art, kita bisa jadikan anime naruto sebagai contoh perbandingan grafik. Biasanya, grafis pada anime tersebut memiliki warna semi datar namun bentuknya jelas dan enak dilihat.

Sedangkan pada vector art: warnanya tidak datar, akan tetapi lebih halus dan realistis. Nah, itulah desain vektor. Adapun desain vector art yang kita maksud disini adalah foto manusia yang diedit kedalam gaya kartun.

grafis vector art adalah

Pengertian Vector Art

Dilansir Adobe.com, Vector art adalah karya seni yang terbuat dari grafik vektor yang terdiri titik, garis, kurva, dan bentuk yang didasarkan pada rumus matematika.

Contoh aplikasi berbasis vector adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Infinite Design (Android).

*Loh, Photoshop kok nggak disebut?*

Jadi, kalau kamu membuat kartun melalui Photoshop, namanya bukan desain vector lagi, melainkan “Vexel Art“. Mengapa demikian ? simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Vexel Art

Menurut Wikipedia, Vexel art adalah karya seni meniru grafis vector yang dibuat melalui aplikasi berbasis Pixel, seperti Adobe Photoshop.

Jadi, alasan mengapa disebut vexel art adalah karena Adobe Photoshop merupakan aplikasi berbasis Bitmap.

Vexel art adalah

Tapi pada intinya, segala sesuatu yang buat dalam bentuk digital kartun, kita sebut saja dengan “Vector Art“. *abaikan saja kedua istilah tersebut.

Akan tetapi jika Anda bertemu dengan ahli dan ia bertanya “Ini vector atau Vexel?”, pastikan kamu menjawabnya sesuai dengan grafis yang kamu gunakan.

Contoh Gambar Vector Art

Karena teknik vector ini bisa digunakan untuk membuat karya apa saja, kita bisa mengelompokkannya kedalam beberapa jenis. Berikut ini adalah karya seni vektor digital terpopuler di internet menurut Photoshop.id :

1. Vector Art – Cartoon Potrait

Vector art wajah hijab

Foto selfie yang kita edit kedalam bentuk vector, namanya adalah Cartoon potrait. Ini merupakan jenis vektor terpopuler, karena biasanya kita mengambil potret selfie dari jarak dekat.

Vector ini bagus kita gunakan sebagai foto profile sosmed, karena menimbulkan ciri khas yang berbeda daripada pengguna umumnya.
Selain itu, kamu juga bisa gunakan desain ini untuk hadiah ulang tahun, kenangan wisuda, dan momen bahagia lainnya.

Untuk jasa pembuatan vector wajah, biasa harganya mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000 per kepala. *Tergantung kesulitan dan artist yang kamu sewa.

2. Vector Art Pet

gambar kartun anjing dalam bentuk vector art

Desain gambar hewan juga ada peminatnya loh ! Bahkan peminatnya sangat banyak sekali. Apalagi dalam akhir tahun, biasa para bos “ngePet” kebanjiran order sampai harus merekrut karyawan baru untuk membantu pekerjaannya.

Masyarakat Indonesia (sepertinya) kurang minat terhadap vector pet ini. Namun dalam pasar “bule”, vektor hewan ini sangat laris.

Tentunya, pecinta hewan adalah konsumen terbesar dalam vektor ini. Tarifnya mulai dari $10 – hingga $30 per kepala.

3. Vector Brand

Tahukah kamu, jenis vector yang satu ini sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya pada logo kemasan, spanduk warung, dan bungkus rokok.

gambar kartun burger

Desain basis vector memang bagus untuk percetakan digital printing karena gambarnya tidak akan pecah saat dicetak sebesar apapun.

4. Vector Illustration

Ilustrasi adalah gambar yang mewakili bayangan suatu adegan atau pekerjaan. Vector ilustrasi ini bisa berupa dalam bentuk abstrak maupun non-abstrak.

Contohnya adalah sebagai berikut:

desain ilustrasi kartun

Dengan ilustrasi, kita bisa memandu pembaca untuk lebih memahami suatu “gambaran” yang kita jelaskan.

Atau bisa juga dalam bentuk abstrak untuk mengisi ruang kosong dalam template desain kita.

Vector Abstrak

Kamu bisa melihat ratusan ribu ilustrasi gambar vector gratis pada website Freepik.com.

Vector art adalah modal freelancer.

Bila kamu ingin menjadi freelancer, kamu berada ditempat yang tempat. Hanya berbekal skill vector, kamu sudah bisa “terjun” ke dunia freelancer lho.

Vector Art adalah desain grafis freelancer

Pasar global saat ini sangat membutuhkan desainer grafis (termasuk vectoris) untuk memasarkan produknya. Permintaannya pun bervariasi mulai dari tren desain grafis terbaru maupun yang lama.

Cinta pada padangan pertama berlaku disini. Jadi, Kamu harus membuat portfolio semenarik mungkin supaya calon konsumen percaya dengan kamu.

Kalau marketingnya handal, penghasilan kamu bisa mencapai ratusan juta rupiah lho.

Kesimpulan – Tanya Jawab.

Berikut ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh sahabat-sahabat kita. Jika kamu ingin bertanya juga, silahkan sampaikan ya.

Apa itu Vector Art?

Vector art adalah karya seni yang dibentuk oleh sejumlah garis dan bidang kurva dengan serangkaian instruksi matematika. Bidang terbentuk oleh kurva tersebut, memiliki warna yang padat. Sehingga tidak akan pecah saat dizoom sebesar apapun.

Bagaimana cara membuat vector art ?

Desain vector bisa kita buat asalkan software editornya memiliki fitur Pen Tool. Adapun cara membuat vector art adalah membuat line art terlebih dahulu, kemudian memberi warna dasar sesuai pallet, lalu menambahkan warna gelap, terang dan cahaya shadingnya, kemudian yang terakhir adalah melakukan finishing menggunakan teknik masking.

Apakah membuat desain vector itu sulit ?

Terus terang saja, lumayan sulit. Memang hal wajar bila kita mengalami kesulitan saat pertama kalinya mencobanya. Akan tetapi jika kita sering latihan, maka perlahan-lahan pasti bisa. Jadi, ini hanya sulit pada pembukaan, namun akan menjadi mudah jika kita sudah menguasainya.

Berapa lama membuat desain vector?

Rata-rata vectoris menghabiskan waktu 2 jam untuk menghasilkan karya seni vector. Semakin detail desain yang dibuat, semakin lama pula proses editingnya.

Apa desain vector dibuat dari HP Android ?

Tentu saja bisa, yakni melalui aplikasi editor android seperti Infinite Design, Skectbook, dan sebagainya.

Perbedaan antara karya vector Android dengan PC ?

Tidak ada ! Bahkan banyak sekali karya artist Android yang lebih keren daripada user PC.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai apa itu vector art. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi sobat yang sedang belajar desain grafis.

Silahkan baca artikel selanjutnya, karena kita akan membahas cara membuat vector dengan mudah.

Tinggalkan komentar