Cara Clipping Mask di Photoshop

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara clipping mask di photoshop. Bagi yang belum tahu, ini merupakan “kembarannya” teknik masking yang sama-sama berfungsi untuk memanipulasi layer. Mulai dari pengertian, tutorial, hingga contoh penerapannya akan kita pelajari pada artikel ini.

cara menggunakan clipping mask di photoshop

Apa itu Clipping Mask?

Clipping Mask adalah mode Photoshop yang memberikan kita kuasa untuk menggabungkan beberapa objek dalam satu layer, dimana hasil dari gabungan objek tersebut akan mengikuti bentuk dari bidang layer yang kita tentukan.

fungsi clipping mask di photoshop

Bagaimana jika ukuran objek lebih besar daripada layer ? maka bagian objek yang lebih tersebut akan dipotong. Adapun bagian yang terpotong tersebut sebenarnya tidak dihapus, melainkannya hanya disembunyikan saja. Jadi, kita masih bisa mengembaliannya kebentuk semula.


Apa fungsi clipping mask ?

1. Untuk menyatukan Teks dengan Objek Gambar di Photoshop

Jika anda ingin membuat sebuah desain tulisan yang bagus dan memiliki tekstur, anda dapat melakukannya dengan fitur ini. Dengan Clipping mask, anda dapat menyatukan sebuah gambar kedalam teks sehingga menciptakan font yang lebih “hidup” dan bergaya menarik. Kelebihan dari fitur ini adalah anda tidak perlu lagi memikirkan konsep desainnya, karena kita cukup mencari foto background yang bagus saja.

menyatukan teks dengan gambar objek di photoshop

2. Berfungsi untuk menyatukan beberapa gambar dalam satu layer.

Ibarat rumus A + B = C, itulah dia. Dengan teknik ini , anda dapat menggabungkan beberapa gambar dalam satu layer sehingga menghasilkan desain yang menarik sesuai dengan kreasi yang kita inginkan.

cara menggunakan clipping mask di photosop

3. Digunakan untuk menggabungkan shape.

Anda juga dapat memberikan warna kedalam suatu shape yang terbuat dari Pen Tool, sehingga tampilannya menjadi lebih berwarna dan detail. Salah satu teknik desain grafis yang hampir selalu menerapkan metode ini adalah Vector Art. Dengan clipping mask, anda dapat menggabungkan beberapa shape dalam satu layer sehingga membentuk pola dan seni tertentu.

cara menggabungkan objek gambar photoshop

Cara Clipping Mask di Photoshop.

Perlu teman-teman ketahui, dalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop versi CS6. Mungkin jika teman-teman yang menggunakan versi CC terbaru maupun yang CS5, tidak masalah, karena pada dasarnya sama saja.

Berikut ini adalah Cara Clipping Mask di Photoshop :

  • Buatlah dokumen baru di Photosop.
  • Kemudian ciptakan sebuah teks dengan menggunakan Type Horizontal Tool.
cara clipping Mask di photoshop
  • Masukkan sebuah gambar atau foto di atas layer teks tersebut.
cara memasukkan gambar di photoshop
  • Lihat kedalam panel layer > klik kanan pada layer konten > pilih “Create Clipping Mask”.
    Atau, anda juga dapat melakukannya dengan menekan tombol shortcut : ALT + CTRL + G.
cara clipping mask di photoshop
  • Secara otomatis, konten atau gambar yang telah kita masukkan tadi akan terpotong mengikuti bentuk dari teks yang sudah kita buat sebelumnya.

Apakah hanya sebatas teks dan gambar saja ?
Tentu saja tidak, anda dapat menerapkan fitur ini pada seluruh elemen yang berada di layer panel Photoshop. Baik itu layer teks, foto, shape, solid color, gradient, dan sebagainya.

Bagaimana cara mengembalikannya kebentuk semula ?

Klik kanan pada layer > Pilih “Release Clipping Mask”
Secara otomatis, layer-layer yang telah kita gabungkan sebelumnya akan terpisah kembali seperti bentuk semula.

Kesimpulan

Jadi, jika anda ingin menggunakan clipping di Photoshop, silahkan buat teks terlebih dahulu di dalam kanvas kemudian masukkan sebuah layer konten (gambar) di atasnya. Setelah itu, pilih “Create Clipping Mask pada layer konten sehingga tampilannya berubah dan menyatu dengan bidang teks yang telah kita buat sebelumnya.

Nah demikianlah tutorial Photoshop dasar kali ini. Cara penggunannya yang mudah, serta fungsinya yang praktis, menjadikan fitur ini sebagai fitur terfavorit saya di Photoshop. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk menjelajahi postingan lainnya, karena kita akan membahasa teknik desain grafis lainnya. Terimakasih!

Referensi

Tinggalkan komentar